08 January 2019

Bagaimana cara menemukan niche?

Jika Anda belum pernah mendengar kata 'niche' dibujuk oleh Internet Marketer maka Anda belum mendengarkan. Menemukan niche telah menjadi penawar untuk bersaing di pasar online yang terlalu jenuh.

Apa itu niche?

Menurut Kamus Online Merriam-Webster, sebuah ceruk digambarkan sebagai "tempat, pekerjaan, status, atau aktivitas yang paling cocok untuk seseorang atau benda ... pasar khusus".

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa meskipun banyak bisnis tutup di masa ekonomi yang sulit ini, toko hobi lokal masih ada? Bahwa restoran 'hole-in-the-wall' sedang berkembang? Atau bahwa tren seperti scrapbooking dapat dimulai dengan ledakan dan masih ditutup dalam waktu setahun ketika empat bisnis serupa dimulai di area yang sama?

Dunia bisnis online mencerminkan tren yang sama seperti yang dialami di dunia offline - seringkali dengan tingkat pergantian dan startup yang lebih cepat. Mereka yang mempromosikan produk atau situs yang menargetkan audiens yang kecil dan terpilih dapat memanfaatkan pasar yang tidak dilayani. Terlepas dari keterbatasan basis klien, sifat bisnis yang ditargetkan menciptakan pasar yang penuh pengabdian dan aktif - tujuan bisnis apa pun.

BAGAIMANA SAYA MENCARI NICHE?

Menemukan niche membutuhkan penelitian yang tekun. Apakah Anda memiliki akses ke perangkat lunak yang mengumpulkan dan menyortir informasi atau Anda mengambil pendekatan manual, Anda harus terlebih dahulu memulai dengan ide.

Dengan pena dan kertas (atau komputer, jika itu lebih nyaman) lakukan brainstorming daftar bisnis, produk, dan industri. Buat daftar kata kunci dan frasa yang menurut Anda akan digunakan oleh individu yang mencari barang-barang ini secara online.

Gunakan program perangkat lunak seperti Wordtracker atau sumber daya gratis seperti Overture Keyword Selector Tool untuk menemukan kata kunci untuk niche Anda yang memiliki jumlah lalu lintas tinggi.

Meskipun program seperti Wordtracker memudahkan Anda menemukan detail seperti berapa banyak situs yang bersaing untuk pasar itu, Anda juga dapat melakukan riset sendiri.

Pusatkan perhatian Anda pada frasa pertanyaan seperti "bagaimana saya ..." atau "di mana saya bisa ...". Pertanyaan-pertanyaan ini akan mengarahkan Anda ke pasar potensial yang perlu diservis.

Selanjutnya, lihat di Google Answers. Ketikkan salah satu kata kunci Anda ke dalam area pencarian. Pertanyaan apa yang diajukan dan berapa banyak orang bersedia membayar untuk jawaban? Jika Anda menemukan sekelompok kata kunci dengan sejumlah pertanyaan, masukkan kata-kata ini di mesin pencari di browser Anda.

Situs apa yang muncul? Apakah mereka memberikan jawaban atau solusi untuk masalah tersebut? Bagaimana mereka menghasilkan uang? Bisakah Anda melihat peluang untuk melayani orang-orang ini?

Menemukan niche dapat membuka pintu ke bisnis online yang menguntungkan. Lakukan riset pasar dan yakinkan bahwa produk atau jasa Anda berharga bagi kelompok ini. Temukan forum atau grup yang menargetkan audiens ini dan perhatikan keprihatinan mereka.