15 January 2019

Pernyataan 'Empat Kuadrat'

Cara cepat dan sederhana untuk mengembangkan rencana strategis untuk setiap dokumen tertulis. Dan meskipun tidak membutuhkan banyak tulisan yang sebenarnya, itu akan membantu Anda memusatkan perhatian dan mendapatkan respons yang lebih baik terhadap pesan Anda.


Inilah cara cepat dan sederhana untuk mengembangkan rencana strategis untuk dokumen tertulis apa pun. Dan meskipun tidak membutuhkan banyak tulisan yang sebenarnya, itu akan membantu Anda memusatkan perhatian dan mendapatkan respons yang lebih baik terhadap pesan Anda.

Ambil selembar kertas dan bagikan menjadi sekitar empat bagian yang sama dengan menggambar garis horizontal melintasi halaman dan garis vertikal di bawah halaman.

Mulai dari sudut kiri atas, tuliskan ide. Ambil beberapa kata dan jelaskan ide dasarnya. Jangan menguraikan dan tidak menggunakan ruang apa pun di luar kotak itu, yang akan memaksa jumlah keringkasan tertentu.

Pindah ke sudut kanan atas, jelaskan 'apa' dan 'mengapa' dari gagasan itu. Apa yang akan saya dapatkan dengan mengejar ide ini? Misalnya,

Sekarang, pergi ke sudut kanan bawah dan buat catatan tentang 'siapa' dan 'bagaimana' yang terlibat dalam mengimplementasikan ide. Semisalnya,

Terakhir, di sudut kiri bawah, jelaskan bagaimana Anda akan tahu apakah ide itu berfungsi atau tidak. Apa yang akan Anda ukur atau pantau untuk melihat apakah Anda mendapatkan manfaat yang Anda identifikasi di sudut kanan atas.

Sekarang, Anda memiliki ringkasan satu halaman dari ide Anda, dan walaupun itu bukan rencana terperinci, itu seharusnya membantu Anda memikirkan ide itu, dan bahkan mengkomunikasikan esensinya kepada orang lain.